Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
bebel fishing dream bebel fishing dream

Wisata Grojogan Randusari dengan sewa mobil jogja : Air Terjun Destinasi Para Wisatawan Haus Petualangan

John Sho

Wisata Grojogan Randusari dengan sewa mobil jogja : Air Terjun Destinasi Para Wisatawan Haus Petualangan

Air terjun alias Grojogan Randusari adalah satu dari sedikit air terjun yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Lansekap wisata alam ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Untuk mencapai lokasinya bisa menggunakan rental mobil jogja, wisatawan diharuskan untuk berkendara melalui jalur Wonosari-Yogyakarta. Usai melewati pos polisi Pathuk, wisatawan bisa mengambil arah ke Dlingo.Plang jalan sudah dipasang di setiap persimpangan jalan jadi tidak perlu khawatir tersesat. Jika sudah sampai di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 200 meter melalui jalan setapak di antara sawah-sawah.

Tempat wisata yang masih perawan ini belum dikelola secara komersial. Air terjun ini termasuk air terjun musiman, artinya, hanya terlihat indah dan banyak debit airnya di kala musim penghujan. Air terjun ini bisa dijadikan alternatif usai berkunjung ke hutan pinus atau Puncak Becici.

Suasana di sekitar air terjun cukup teduh karena banyak pepohonan. Ada gazebo-gazebo yang dibangun dengan swadaya masyarakat untuk beristirahat. Perlu diperhatikan, batuan di tepi air terjun licin karena endapan kapur dan lumut yang tumbuh.

Asal muasal nama Randusari dapat ditelusuri setelah memerhatikan lokasi air terjun. Di sini, ada sebuah pohon kapuk / pohon randu cukup besar. Maka dari itulah, air terjun di tempat ini dinamakan Grojogan Randusari.

Sebenarnya, warga menamai air terjun ini dengan nama Air Terjun Banyutibo. Akan tetapi, karena namanya sama dengan Air Terjun Banyunibo, akhirnya, nama Air Terjun Randusari-lah yang dipakai hingga sekarang. Ada dua air terjun yang airnya jatuh bersebelahan sehingga seperti kembar.

Air terjun Randusari tidak dalam, hanya sekitar satu meter. Tinggi air terjun sekitar 15 meter dengan tipe jatugan air melebar. Aliran air terjun bermuara ke Sungai Oyo.

Wisatawan yang berkunjung bisa berenang, bermain air, atau mandi. Kolam pemandian yang berasal dari aliran air yang dibendung dengan memanfaatkan tanggul batu berada di bagian bawah air terjun. Kolam ini ada yang sedalam satu meter hingga tiga meter. Untuk berenang, warga menyediakan ban karet.

Tersedia “hammock” yang dipancang ke dua pohon kelapa hijau di dekat air terjun. Karena lokasinya yang tidak terlalu luas dan masih sepi, berkunjung ke Randusari bagaikan bersantai di kebun belakang rumah yang ada air terjunnya, alami pula.

Jika ingin berkunjung ke air terjun lainnya yang masih satu lokasi, wisatawan bisa memilih dua air terjun lainnya yang sudah cukup terkenal; Grojogan Banyunibo dan Grojogan Lepo. Alternatif lainnya, wisatawan bisa mengunjungi bukit Sri Panjung Dlingo. Bukit tersebut merupakan tempat melihat Air Terjun Sri Gethuk dari atas bukit.

Fasilitas pendukung wisata air terjun adalah tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat, dua kamar mandi umum, tiga gazebo, dan warung makan yang terletak di dekat area parkir. untuk menuju air terjun saya sarankan anda menggunakan sewa mobil jogja di docar.co.id. Tidak hanya Jogja tetapi docar juga melayani sewa mobil solo dan semarang.

Comments