Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
bebel fishing dream bebel fishing dream

Sewa Mobil Solo ke Gedong Songo di Ungaran

John Sho
Sewa Mobil Solo ke Gedong Songo di Ungaran

Kali ini, jasa sewa mobil Solo menawarkan paket wisata ke Candi Gedong Songo. Candi ini terletak di sebuah hamparan dataran tinggi luas di lereng Gunung Ungaran.

Nama Gedong Songo secara harfiah berarti sembilan kelompok bangunan. Kata-kata itu berasal dari bahasa Jawa, yaitu, Gedong berarti “bangunan” dan Songo berarti “sembilan”. Memang, candi-candi yang diperkirakan dibangun pada abad kesembilan Masehi itu total berjumlah sembilan candi. Candi ini sering tidak bisa dilihat dari kejauhan karena sering diselimuti kabut.

Ketika Anda berkunjung ke Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Anda harus siap-siap melihat pemandangan hutan pinus yang sangat kontras dengan hamparan ladang tempat kesembilan candi berdiri. Kesembilan candi itu tersebar di lereng Gunung Ungaran. Karena terletak pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, hawa di sini cukup dingin. Jasa sewa mobil IxoTransport bisa mengantar Anda hingga pelataran parkir kompleks Candi Gedong Songo.

Kompleks Candi Gedong Songo ditemukan oleh Gubernur Stamford Raffles tahun 1804. Candi ini dipastikan merupakan peninggalan budaya Hindu, dibuat oleh Wangsa Syailendra pada tahun 927 Masehi.

Sebenarnya, candi ini sudah ditemukan oleh seseorang bernama Loten pada tahun 1740. Akan tetapi, Raffleslah yang pertama kali menamai kompleks candi ini dengan nama Gedong Pitoe. Pada saat itu, memang baru ditemukan tujuh buah candi di sekitar bukit Ungaran itu. Orang-orang yang melakukan penelitian dan publikasi tentang Candi Gedong Songo setelah itu adalah van Braam, Friederich dan Hopermans, serta van Stein Calefells.

Ketika masih dijajah Belanda, pemerintah mulai meneliti Candi Gedong Songo secara resmi pada tahun 1916. Pemerintah Indonesia memugar candi-candi ini pada tahun 1977-1983. Kemudian, pada tahun 2009, pemerintah melakukan pemetaan ulang semua kompleks candi.

Untuk menjelajahi seluruh kompleks candi, Anda bisa memanfaatkan kuda sebagai transportasi. Jalur untuk berkuda dan hiking dibedakan sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan masing-masing. Gazebo dan warung makan akan dilewati oleh pejalan kaki serta tidak akan menemui kotoran kuda karena jalurnya terpisah.

Yang menarik lagi, di antara Candi Gedong III dan Gedong IV, ada sebuah pemandian buatan yang dibangun di dekat kepunden gunung. Kepunden tersebut adalah sumber air panas yang memiliki kandungan belerang lumayan tinggi. Uap panasnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Secara umum, kompleks Candi Gedong Songo mirip dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Karena keindahan alamnya, candi ini cukup sering jadi destinasi foto pranikah. Jika ingin ke Candi Gedong Songo, hubungi jasa rental mobil Solo yang siap mengantar Anda ke tujuan.

Comments